Mendaki Gunung Gede Pangrango, Rumah Si Abadi Edelweiss

Anda mau mendaki Gunung Gede Pangrango yang terkenal dengan bunga Edelweiss-nya yang indah? Siapkan dulu perlengkapan yang memadai seperti jaket gunung dan yang lainnya, ya! Ini tentu berguna selama perjalanan Anda. Selain itu, Anda juga harus tahu seluk beluk Gunung Gede Pangrango dulu!

Gunung Gede Pangrango

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango bisa dibilang gunung paling favorit bagi pendaki gunung di Indonesia. Ada lebih dari 50.000 pendaki pertahunnya yang mendaki di sini. Mungkin itu karena letaknya yang tak jauh dari Jakarta. Nah, untuk ke sini, Anda bisa memilih beberapa jalur pendakiannya.

Jalur pertama adalah Pendakian Cibodas. Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan umum dari Jakarta ke Bandung lalu naik angkutan kecil ke Kebun Raya Cibodas. Di jalur ini ada beberapa pos peristirahatan yang bisa Anda gunakan. Anda harus melintasi jalan setapak berbatu dilanjutkan dengan kawasan hutan tropis jika melewati jalur ini.

Jalur kedua melewati Gunung Putri. Untuk menujunya, Anda harus naik bus dari Jakarta turun di pasar Cipanas. Setelah itu naik angkot lagi ke Gunung Putri. Anda harus melapor dan menunjukkan surat izin di sini. Setelah itu, Anda akan melewati jalur berupa perkebunan warga lalu berlanjut ke jalur menanjak yang dipenuhi akar-akar pohon.

Jalur ketiga adalah Salabintana. Ini adalah sebuah kawasan wisata yang penuh dengan hotel dan penginapan. Anda juga diharuskan menunjukkan surat izin dan melakukan pemeriksaan. Di jalur ini, Anda akan bertemu dengan air terjun Ciberem yang memiliki ketinggian 70 Km. Anda harus menyiapkan jaket gunung yang tebal untuk menghalau udara yang cukup dingin.

Alun-Alun Surya Kencana

Jika Anda ingin melihat indahnya bunga Edelweiss yang abadi, Anda bisa datang ke Alun-Alun Surya Kencana. Jika Anda mendaki melalui jalur Pendakian Cibodas, tempat ini tak jauh dari air terjun yang berada di daerah Kandang Badak. Sedikitnya seluas 5 hektar lahan terbuka ditumbuhi bunga abadi yang mekar sepanjang musim ini.

Jika Anda melewati jalur Gunung Putri, Anda harus mendaki dengan susah payah setelah melalui Buntut Lutung. Jalur ini agak sempit jadi Anda harus menggunakan sepatu gunung yang pas. Tapi, jika sudah sampai di Alun-Alun Surya Kencana, rasanya semua kesusahan yang Anda dapat akan terbayar lunas.

Jika Anda melewati jalur Salabintana, Anda harus sampai ke Pos Pertigaan terlebih dulu. Itupun dengan medan yang sangat berat meski dengan pemandangan yang indah seperti kanopi pohon, air terjun dan lainnya. Anda akan dihadapkan pada persimpangan di Pos Pertigaan. Ke kanan menuju Gunung Gemuruh, ke kiri menuju Alun-Alun Surya Kencana.

Jika tiba di Alun-Alun Surya Kencana, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke Km 0. Jika sudah berada di tempat yang juga ditumbuhi rumpun bunga edelweiss ini, Anda hanya tinggal menempuh waktu 30 menit dengan kecepatan normal untuk sampai ke puncak Gunung Gede.

Melihat indahnya Gunung Gede Pangrango rasanya tak lengkap jika tak mampir ke Alun-Alun Surya Kencana yang dipenuhi bunga edelweiss. Sebelum mendaki, Anda harus melengkapi perlengkapan seperti sepatu gunung. Anda bisa membelinya di Eiger secara online. Jadi Anda tak perlu repot-repot ke pasar atau pusat perbelanjaan lainnya.